Wednesday, June 10, 2020

9 Makanan Khas Banyuwangi Yang Wajib Kalian Coba

Kalau kalian saat ini berada di Banyuwangi, maka jangan hanya destinasi wisata alam saja yang anda kunjungi. Tapi wisata kuliner pun juga harus anda jelajahi. Yaps, Banyuwangi memang kota yang kaya akan destinasi wisata alamnya, namun disamping itu, Banyuwangi juga merupakan kota yang kaya akan citarasa masakannya. Penasaran apa aja kuliner khas kota Banyuwangi, Berikut wisatakulinernusantara akan sajikan beberapa makanan khas kota Gandrung Banyuwangi.

1. Sego Tempong khas Banyuwangi
makanan khas banyuwangi jawa timur makanan khas banyuwangi adalah makanan khas banyuwangi rujak soto makanan khas banyuwangi nasi tempong makanan khas banyuwangi bagiak makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh makanan khas banyuwangi pecel pitik makanan khas banyuwangi dan cara pembuatannya apa makanan khas banyuwangi apa saja makanan khas banyuwangi aneka macam makanan khas banyuwangi makanan khas banyuwangi beserta resepnya makanan khas banyuwangi dan bahan bahannya makanan bangkiak khas banyuwangi toko makanan khas banyuwangi kabupaten banyuwangi jawa timur
Sumber gambar: Travelingyuk
Kuliner pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Sego Tempong. Namanya terdengar asing memang, tapi ini benar-benar makanan khas dari Banyuwangi. Tempong adalah Bahasa jawa yang berarti tampar, kalau orang desa lebih mantap kalau mengucapkan tempong dengan istilah SAMPLOK, jadi bisa jadi Sego Samplok. Hahaha. 

Sego Tempong ini berisi nasi yang dipadu dengan sayuran rebus (jawa: kulup), ikan asin, lele, jeroan, telur dadar, dan lain-lain, dan yang pasti ada sambal terasi yang punya level pedas tinggi. Jadi kalian yang suka dengan sensasi makanan pedas, Sego Tempong ini adalah kuliner wajib dan harus banget kamu cobain.
Kalian bisa menemukan tempat yang menyediakan sego tempong ini di Warung Mbok Nah
Alamat: Jl. Colonel Sugiono No.16 Kec. Banyuwangi, Jawa Timur 68416
Harga kisaran : Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,-

2. Sego Cawok khas Banyuwangi
makanan khas banyuwangi jawa timur makanan khas banyuwangi adalah makanan khas banyuwangi rujak soto makanan khas banyuwangi nasi tempong makanan khas banyuwangi bagiak makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh makanan khas banyuwangi pecel pitik makanan khas banyuwangi dan cara pembuatannya apa makanan khas banyuwangi apa saja makanan khas banyuwangi aneka macam makanan khas banyuwangi makanan khas banyuwangi beserta resepnya makanan khas banyuwangi dan bahan bahannya makanan bangkiak khas banyuwangi toko makanan khas banyuwangi kabupaten banyuwangi jawa timur
Sumber gambar: Tokopedia

Kuliner selanjutnya ada Sego Cawok. Cawok itu maksudnya di pegang pakai tangan, jadi sego cawok ini dimakan cukup pakai tangan, kalau kalian gak bisa, kalian bisa private dulu deh ke penjualnya, hehe. Pada dasarnya makanan ini adalah nasi yang di taburi parutan kelapa, yang disiram dengan kuah dengan berbagai bumbu pilihan.

Sebagai pelengkap, ada tambahan seperti dendeng, telur dadar, pepes ikan dan masih banyak lagi menu lain. Jika kalian penasaran dengan cita rasanya, kalian bisa dating langsung ke warung Bu Mantih.
Lokasi            : Warung Bu Mantih, Jalan Wahid Hasyim (Dekat Stasiun Rogojampi), Prejengan, Rogojampi, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Operasional    : 07:00 – 15:00
Kisaran Harga        : Rp 7.000,- – Rp 15.000,-  

3. Rujak Soto khas Banyuwangi
makanan khas banyuwangi jawa timur makanan khas banyuwangi adalah makanan khas banyuwangi rujak soto makanan khas banyuwangi nasi tempong makanan khas banyuwangi bagiak makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh makanan khas banyuwangi pecel pitik makanan khas banyuwangi dan cara pembuatannya apa makanan khas banyuwangi apa saja makanan khas banyuwangi aneka macam makanan khas banyuwangi makanan khas banyuwangi beserta resepnya makanan khas banyuwangi dan bahan bahannya makanan bangkiak khas banyuwangi toko makanan khas banyuwangi kabupaten banyuwangi jawa timur
Sumber gambar: DetikTravel

Selanjutnya ada kuliner Rujak Soto yang sangat legendaris ges, yap, Rujak Soto. Kalau kuliner ini, dijamin nagih banget. Rasanya yang khas perpaduan antara rujak yang dicampur dengan soto babat menjadikan menu makanan ini mak nyus. Sekilas mungkin terdengar aneh, kok bisa 2 menu sekaligus dicampur menjadi satu. Jangan khawatir ges, soal rasa kalian pasti ketagihan.

Untuk bisa menikmati kuliner yang satu ini, kalian bisa mengunjungi warung-warung berikut:
-    Warung Rujak Soto Bu Ning Irama (Jl. Tiga Berlian, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411)
-    Pondok Rujak Soto (Jl. Basuki Rahmat No.113, Singotrunan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68414)
-    Warung Bu Tin Rujak Soto (Jl. Kepiting No.8, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416)
-    Warung Rujak Soto Mbak Mus (Jl. Raya Jember No.28Dusun, Dusun Krajan, Dadapan, Kec. Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68461)
Dan masih banyak lagi ges warung-warung yang menyediakan menu ini.

4.    Pecel Pitik khas Banyuwangi
makanan khas banyuwangi jawa timur makanan khas banyuwangi adalah makanan khas banyuwangi rujak soto makanan khas banyuwangi nasi tempong makanan khas banyuwangi bagiak makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh makanan khas banyuwangi pecel pitik makanan khas banyuwangi dan cara pembuatannya apa makanan khas banyuwangi apa saja makanan khas banyuwangi aneka macam makanan khas banyuwangi makanan khas banyuwangi beserta resepnya makanan khas banyuwangi dan bahan bahannya makanan bangkiak khas banyuwangi toko makanan khas banyuwangi kabupaten banyuwangi jawa timur
Sumber gambar: Tokopedia

Selain menjadi destinasi wisata Kampus Osing Banyuwangi, Kemiren ternyata juga punya kuliner khas banyuwangi gengs, yaps namanya Pecel Pitek. Makanan ini pada dasarnya adalah nasi yang dicampur dengan urapan (parutan kelapa), serta ada lauk ayam kampong, dan di tambah lauk lain seperti tempe.

Makanan ini biasanya hanya tersedia pada hari Ahad/Minggu saja di pagi hari di desa Kemiren. Desa ini tepatnya di Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68432.

5.    Pecel Rawon khas Banyuwangi
makanan khas banyuwangi jawa timur makanan khas banyuwangi adalah makanan khas banyuwangi rujak soto makanan khas banyuwangi nasi tempong makanan khas banyuwangi bagiak makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh makanan khas banyuwangi pecel pitik makanan khas banyuwangi dan cara pembuatannya apa makanan khas banyuwangi apa saja makanan khas banyuwangi aneka macam makanan khas banyuwangi makanan khas banyuwangi beserta resepnya makanan khas banyuwangi dan bahan bahannya makanan bangkiak khas banyuwangi toko makanan khas banyuwangi kabupaten banyuwangi jawa timur
Sumber gambar: Tripadvisor

Kalau tadi ada rujak soto, kali ini ada kuliner Pecel Rawon gengs. Makanan ini juga unik karena perpaduan antara dua menu sekaligus. Pecel rawon ini adalah nasi pecel yang disiram dengan kuah rawon. Biasanya disajikan dengan empal daging, serundeng, peyek udang, dan tahu goring. Ditambah lagi sayuran rebus, seperti kacang panjang, taoge dan bayam. Pokoknya kalian wajib coba dah, biar nggak ngiler.

Kalian bisa menikmati menu makanan ini di:
-    Warung Nasi Pecel & Rawon Mandala (Jl. Jaksa Agung Suprapto No.35, rt 1, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416)
-    Pecel Rawon BuYani Banyuwangi (Jl. Joyoboyo No.18, Antongan, Brak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68455)

6.    Sego Bungkus Bu Poer khas Banyuwangi
makanan khas banyuwangi jawa timur makanan khas banyuwangi adalah makanan khas banyuwangi rujak soto makanan khas banyuwangi nasi tempong makanan khas banyuwangi bagiak makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh makanan khas banyuwangi pecel pitik makanan khas banyuwangi dan cara pembuatannya apa makanan khas banyuwangi apa saja makanan khas banyuwangi aneka macam makanan khas banyuwangi makanan khas banyuwangi beserta resepnya makanan khas banyuwangi dan bahan bahannya makanan bangkiak khas banyuwangi toko makanan khas banyuwangi kabupaten banyuwangi jawa timur
Sumber gambar:Dimanaja

Kuliner selanjutnya ada Sego Bungkus. Yaps, ini adalah nasi bungkus. Tapi kalian yang harus membawa pulang gengs, Karen kalian bisa memakannya langsung ditempatnya. Bungkusnya juga alami, yakni dibungkus dengan menggunkan daun pisang. 

Kalian juga bisa memilih berbagai macam nasi, seperti nasi putih, nasi jagunng, nasi kuning, nasi merah. Lauknya juga bisa kalian pilih sendiri, seperti oseng-oseng, ayam goreng, berbagai olahan ikan serta gudeg. 

Kalian bisa menikmati kuliner ini di Warung Bu Poer, Jalan PB Sudirman, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

7.    Sop Kesrut Rodiyah khas Banyuwangi
makanan khas banyuwangi jawa timur makanan khas banyuwangi adalah makanan khas banyuwangi rujak soto makanan khas banyuwangi nasi tempong makanan khas banyuwangi bagiak makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh makanan khas banyuwangi pecel pitik makanan khas banyuwangi dan cara pembuatannya apa makanan khas banyuwangi apa saja makanan khas banyuwangi aneka macam makanan khas banyuwangi makanan khas banyuwangi beserta resepnya makanan khas banyuwangi dan bahan bahannya makanan bangkiak khas banyuwangi toko makanan khas banyuwangi kabupaten banyuwangi jawa timur
Sumber gambar:AsliIndonesia

Kalau kuliner yang satu ini adalah kuliner langka asli suku osing gengs. Tapi jangan kawatir, meskipun sudah agak langka, kalian tetap bisa menikmati kok hidangan spesialnya di Banyuwangi. Sop ini sendiri merupakan masakan kaldu kental yang dipadukan dengan balungan ayam kampung dan daun bawang. Meskipun sederhana, banyak juga loh peminat menu kuliner ini. Jangan lupa ditambahkan sambal tempong, biarpun pedas, tapi pasti nagih. Kalian mau coba ? langsung aja deh datang ke warungnya. 

Ayam Kesrut Kanggo Riko (Unnamed Road,, Karang Sari, Segobang, Licin, Banyuwangi Regency, East Java 68454)

8.    Warung Soto Pak Salim khas Banyuwangi
makanan khas banyuwangi jawa timur makanan khas banyuwangi adalah makanan khas banyuwangi rujak soto makanan khas banyuwangi nasi tempong makanan khas banyuwangi bagiak makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh makanan khas banyuwangi pecel pitik makanan khas banyuwangi dan cara pembuatannya apa makanan khas banyuwangi apa saja makanan khas banyuwangi aneka macam makanan khas banyuwangi makanan khas banyuwangi beserta resepnya makanan khas banyuwangi dan bahan bahannya makanan bangkiak khas banyuwangi toko makanan khas banyuwangi kabupaten banyuwangi jawa timur
Sumber gambar: Hobimakanbanyuwangi

Kalian yang seneng banget sama soto, warung yang satu ini wajib kalian singgahi. Kalian bisa memilih berbagai macam soto mulai dari soto daging, soto ayam, hingga rujak soto. Tidak hanya itu, berbagai menu makanan lain juga tersedia disini, seperti nasi goreng, capcay, dan mie goreng. Soal harga, gak kalah deh sama menara condol di Eropa. Hahaha.

Alamat: Jalan A Yani No.18, Penganjuran, Banyuwangi, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416

9.    Kue Bagiak khas Banyuwangi
makanan khas banyuwangi jawa timur makanan khas banyuwangi adalah makanan khas banyuwangi rujak soto makanan khas banyuwangi nasi tempong makanan khas banyuwangi bagiak makanan khas banyuwangi untuk oleh oleh makanan khas banyuwangi pecel pitik makanan khas banyuwangi dan cara pembuatannya apa makanan khas banyuwangi apa saja makanan khas banyuwangi aneka macam makanan khas banyuwangi makanan khas banyuwangi beserta resepnya makanan khas banyuwangi dan bahan bahannya makanan bangkiak khas banyuwangi toko makanan khas banyuwangi kabupaten banyuwangi jawa timur
Sumber gambar: Cookpad

Kalau yang terakhir ini mungkin berbeda gengss dari menu-menu yang diatas. Kalau yang ini adalah kue bagiak khas Banyuwangi. Kue ini dibuat dari bahan dasar tepung sagu, warna putih dan memiliki panjang seukuran jari orang dewasa. Bahan utama untuk olahan bagiak sebenarnya sederhana saja. Seperti tepung sagu, susu dan kayu manis. Kue ini memiliki rasa paduan manis dan gurih. Selain original, bagiak juga hadir dalam varian rasa berbeda. Wijen, susu, cokelat, pisang, kacang, jahe, keningar, strawberry, nangka, keju hingga durian termasuk diantaranya.

Kalau yang ini pas bangets gengs buat oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Tanda kalau kalian pernah ke Banyuwangi. Hehehe.
Kalian bisa dapatkan ini di toko oleh-oleh khas Banyuwangi gengs, sudah tersebar di seluruh Banyuwangi.

Gimana gengs, sudah siap belum mau menikmati aneka ragam wisata kuliner di Banyuwangi ?
Nah, itu dia gengs aneka Wisata Kuliner di Banyuwangi. Jangan lupa dicoba semuanya ya, biar gak kebawa mimpi. hehehe
Previous Post
Next Post

0 Comments: